11 Kategori Plugin WordPress Wajib Instal

manageplugins-actual

Salah satu kelebihan (atau kekurangan?) WordPress sebagai platform blog yang paling populer adalah banyaknya dukungan dari ribuan plugin yang menambah fungsionalitas blog kita, menjadi lebih dari sekedar blog. Fitur default WordPress sendiri tidaklah selengkap WordPress.com, sehingga boleh dibilang kalau blog bermesin WordPress sangat bergantung pada dukungan plugin-plugin yang dibuat oleh pihak ketiga. Ada beberapa jenis plugin yang banyak blogger menganggapnya sebagai jenis plugin wajib untuk setiap blog WordPress ↓

1. Anti Spam

Komentar spam adalah salah satu masalah terbesar semua platform blog saat ini, tidak hanya WordPress. WordPress sendiri sudah menyediakan Akismet sebagai plugin standar untuk antispam. Tapi banyak juga yang menggunakan alternatif lain seperti Spam Karma dan WP SpamFree.

2. SEO + Pinging

Sangat banyak plugin SEO untuk WordPress, dari yang basic sampai advance, yang mengklaim bisa meningkatkan posisi blog kita di SERP. Tetapi, WordPress sendiri sudah SEO-friendly seperti kata Matt Mullenweg dan Matt Cutts. Kita cuma perlu plugin SEO yang mengaplikasikan aturan-aturan dasar SEO seperti title tag, meta tag, canonical URL, serta noindex & nofollow. Plugin SEO yang mempunyai fitur lengkap tersebut diantaranya All In One SEO Pack dan SEO Ultimate.

Selain SEO, fitur pinging yang lebih baik juga diperlukan. WordPress sudah menyediakan fitur ping tersebut, tetapi fitur ping default bisa menyebabkan masalah tersendiri karena ping dilakukan terus menerus setiap kita mengedit artikel, sehingga bisa beresiko spam. Untuk mengatasinya gunakan MaxBlogPress Ping Optimizer.

3. Statistik & Tracking

Ada beberapa plugin yang membantu kita untuk mengecek statistik blog kita (jumlah kunjungan, query pencarian, page views, referrer, dan sebagainya) seperti WordPress.com Stats yang menggunakan WordPress.com API key dan Google Analytics for WordPress yang mengijinkan kita untuk mengatur konfigurasi dan melihat data tracking Google Analytics melalui panel dasbor.

4. RSS feed

RSS feed standar tidak menyediakan fitur khusus untuk analisis subscriber, untuk itu kita perlu memindahkannya ke layanan feed lain seperti Google FeedBurner. Plugin FeedBurner FeedSmith berguna untuk mengalihkan alamat feed default menuju alamat feed FeedBurner.

Ada lagi plugin menarik bernama RSS Cloud, yang berguna menambah kapabilitas RSS Cloud pada feed. RSS Cloud merupakan teknologi pengiriman feed baru secara real-time.

5. Navigasi

Navigasi antar halaman yang baik memudahkan pembaca untuk menelusuri setiap artikel dan meningkatkan page views blog kita. Sistem navigasi antar halaman biasanya dengan menampilkan daftar komentar terbaru, artikel terpopuler, dan artikel terkait. Kita bisa menggunakan plugin Get Recent Comments, WordPress Related Posts, dan WordPress.com Popular Posts.

6. Mobile-friendly

Sekarang internet bisa diakses dimana saja, menggunakan alat apa saja termasuk perangkat mobile. Tentunya dukungan untuk perangkat yang satu ini diperlukan. Beberapa plugin berguna untuk membuat tampilan blog kita menjadi fit di layar ponsel, PDA, atau iPhone, seperti WordPress Mobile Edition, WPTouch, Mobilize, dan WordPressMobile.mobi

7. Social bookmark & sharing

Social bookmarking adalah salah satu cara efektif meningkatkan traffic dan popularitas. Adanya plugin-plugin seperti ShareThis, Sociable!, dan TweetMeme Button memudahkan kita mem-bookmark artikel secara online dan membagikannya melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

8. Form Komentar

Fitur komentar default hanya mempunyai form komentar standar dan tidak menyediakan pilihan kepada komentator. Plugin Subscribe to Comments memberikan pilihan kepada komentator untuk berlangganan komentar selanjutnya di artikel tersebut atau tidak. Beberapa plugin komentar populer malah menyediakan banyak fitur penambah fungsionalitas form komentar, seperti: menampilkan profil komentator; voting komentar; skor komentar; social commenting melalui Facebook Connect, Twitter, atau OpenID. Plugin yang menyediakan kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya IntenseDebate dan Disqus.

9. Form kontak

Form kontak memudahkan pembaca untuk langsung mengirim pesan kepada penulis tanpa membuka email. Plugin form kontak untuk WordPress yang paling terkenal adalah cformsII dan Contact Form 7.

10. Sitemap

Sitemap seakan sudah menjadi “halaman wajib” semua website, termasuk blog. Ada dua format sitemap, XML sitemap yang lebih diperuntukkan pada mesin pencari dan (X)HTML sitemap yang diperuntukkan kepada pembaca. Plugin untuk membuat halaman kedua format sitemap tersebut adalah Google XML Sitemaps dan Dagon Design Sitemap Generator.

11. Keamanan

Selain spam, keamanan blog juga menjadi salah satu masalah serius. Beberapa plugin didesain untuk memperkuat sistem keamanan blog WordPress kita, seperti WP Prevent Author Impersonation buatan Eko Pramuyanto yang tidak mengijinkan pembaca berkomentar menggunakan identitas kita seperti username atau email; WP Security Scan untuk menyaring instalasi WordPress dari kerentanan keamanan, dan Secure WordPress untuk melindungi file-file blog kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s